Kantor Pencarian dan pertolongan Banjarmasin "Profesional Sinergi dan Militan" Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing


UNIT SIAGA SAR BATULICIN AKAN MELAKSANAKAN SIAGA SAR KHUSUS MUDIK LEBARAN 2022/1443 H


BATULICIN – Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (BASARNAS) Unit Siaga SAR Batulicin, Kalimantan Selatan menyiagakan personel di pos darat dan air untuk membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana pada momentum Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022.

"Kami akan melaksanakan siaga SAR khusus Lebaran 2022, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi selama perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah. Siaga SAR khusus Lebaran ini berlangsung dari 22 April - 12 Mei," kata Koordinator Unit Siaga SAR Batulicin (BASARNAS), Deni Arizal di Batulicin, Jumat.

Dia menjelaskan, pihaknya juga menempatkan sejumlah personel pada beberapa titik Posko Siaga Lebaran di Kabupaten Tanah Bumbu. Untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada tim Siaga SAR Khusus dengan prinsip Quick Response SAR akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis dan rawan kecelakaan, seperti di Pelabuhan Penyeberangan Ferry Tanjung Serdang, serta daerah wisata. Di samping itu Unit Siaga SAR Batulicin juga menempatkan petugas siaga di Posko Terpadu Kepolisian "Ketupat Intan" dan Posko Terpadu Kementerian Perhubungan.

Untuk mendukung siaga khusus Lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan alat utama darat, laut dan peralatan pendukung lainnya seperti Rescue Car, Motor Lapangan, Palsar air, APD Covid serta peralatan medis (Emergency Kit)'.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini, personilnya dalam melaksanakan tugas wajib menerapkan protokol kesehatan.

Dengan jumlah personel dan peralatan pendukung itu, diharapkan dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 1443 Hijriah dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada musibah (zero accident) baik itu Penerbangan, Pelayaran maupun musibah lainnya serta tim Unit Siaga SAR Batulicin dapat memberikan bantuan secara cepat dan maksimal kepada masyarakat yang mengalami suatu musibah atau terkena bencana, ujarnya.*

 

(HMS/SAR-BJM)



Kategori General Berita .
Pengunggah : banjarmasin
22 April 20:35 WIB