Kantor Pencarian dan pertolongan Banjarmasin "Profesional Sinergi dan Militan" Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing


TIM SAR GABUNGAN EVAKUASI KORBAN TERGELINCIR DI SUNGAI DESA KUPANG KEC LAMPIHONG DALAM KEADAAN MENINGGAL DUNIA


BALANGAN – Hari Ketiga Pencarian terhadap korban tergelincir di sungai desa kupang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan akhirnya membuahkan hasil, Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 11.30 Wita dengan jarak sejauh 35 KM dari lokasi kejadian.

Kepala Unit Siaga SAR Tabalong Andi Surya Sinaga menyebutkan sebelumnya pada hari senin tanggal 18 April pukul 11.30 Wita, Tim menerima info penemuan mayat oleh warga, selanjutnya tim langsung melakukan pengecekan ke lokasi kejadian apakah jasad yang ditemukan adalah korban yang sedang dicari oleh Tim SAR gabungan atau bukan dan langsung melakukan evakuasi.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Andi Surya Sinaga, Tim SAR gabungan telah mengerahkan tiga SRU (Search and Rescue Unit) untuk melakukan upaya pencarian korban, baik di sungai maupun melalui darat. Tim SAR gabungan melakukan penyisiran pada area kurang lebih 1.5 KM dari LKP menuju arah hilir sungai.

Pada Senin (18/4) Pukul 11.30 Wita, masyarakat melihat korban  mengapung disekitaran sungai Hambuku hilir kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan koordinat 02'31'60.0" S - 115'09'49.7" E dengan jarak kurang lebih 35 KM dari titik pertama korban tergelincir.

Selanjutnya korban dibawa tim SAR gabungan ke rumah duka di desa kupang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan.

“Dengan ditemukannya korban tergelincir di sungai Kupang kecamatan Lampihong, maka operasi SAR dinyatakan ditutup, dan unsur Tim SAR gabungan yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,” Kata Al Amrad sebagai Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (Basarnas).

Saat ini, jenazah telah dibawa pihak keluarga untuk dikebumikan.

Menurut dia, sebelum korban diketemukan, juga telah dilakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan Tim SAR gabungan menurunkan peralatan seperti Rubber boat, Perahu Polietielin, peralatan medis, komunikasi dan evakuasi juga ikut diterjunkan guna membantu pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Al Amrad mengucapkan terimakasih kepada potensi SAR (BPBD Kab Balangan, Relawan SDP, BPK Lampihong, BPK ulin, BPK RHB, Rescue Angsoka HSU, BPK Pulantan Putih, BPK Banua Lawas Tabalong, UPBS Bara Tabalong, UPBS Gabatar) yang telah bekerja sama dengan baik selama proses evakuasi korban. Semoga kedepannya kita akan semakin solid dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat

 “Agar masyarakat lebih berhati - hati dan mengutamakan keselamatan diri terutama saat beraktiftas di pinggir sungai. Dengan meantisipasi kejadian yang tidak di inginkan.” Jelas Al Amrad, S.Sos. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin

(HMS/SAR-BJM)



Kategori Berita Kansar , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : banjarmasin
18 April 2:10 WIB