Kantor Pencarian dan pertolongan Banjarmasin "Profesional Sinergi dan Militan" Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing


1 SYAWAL 1443 H, 1 UNIT DOZER BESERTA OPERATORNYA JATUH KELAUT TABUNEO, BASARNAS BERSAMA TIM SAR GABUNGAN LAKUKAN PENCARIAN


BANJARMASIN – Minggu 01 Mei 2022 telah terjadi insiden di tongkang dengan nama kapal CLB Anugrah Lautan 09, 1 unit dozer beserta operatornya jatuh ke laut.

“Pada pukul 19.30 WITA malam hari raya telah terjadi insiden dimana dozer dengan operator Matius Ili merosot dan jeblos turun ke bawah, karena kondisi sideboard tongkang sebelah kanan belakang kondisinya keropos dan korosi jadi 1 unit dozer dengan operatornya atas nama pak Matius Ili keperosot dan jatuh ke laut “, jelas Rahmad Subhakti saksi di LKP.

Kami terima info hari Senin ,(2/5/2022) pukul 04.40 wita, selanjutnya langsung di terjunkan 3 rescuer dan 3 kru KN 407 guna langsung menuju ke LKP dengan koordinat 3°42'11,5" S - 114°25'21,2" E Langsung menuju LKP dgn menggunakan darana KN. 407 yg berangkat dari dermaga SAR Basirih pada pukul 05.00 Wita. Jelas Al Amrad Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Al Amrad menambahkan adapun peralatan yang kita bawa yaitu 3 set alat Selam, Alat AquaEye dan alat pendukung lainnya guna mendukung proses pencarian korban Saat ini proses pencarian dengan teknik penyelaman sedang dilakukan oleh tim Basarnas dan Ditpolair Polda Kalsel serta pihak port Control Tabuneo dan beberapa abk dari CLB Anugrah Lautan 09 di sekitar LKP.

“Adapun cuaca di LKP saat ini berawan dengan kondisi angin sedang serta gelombang sedang, jadi kita akan memaksimalkan semua peralatan yang ada, harapannya agar korban cepat diketemukan.” Ungkap Muhammad Al Amin koordinator lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin.

Tim juga melakukan pencarian dengan mengacu pada data dan pola yg didapat dari data SARMAP Prediction. Data SARMAP Prediction merupakan data prediksi yg dihitung dari aplikasi khusus yg dimiliki Basarnas dengan mengkombinasikan dan mengkonfigurasikan dengan data arus, gelombang dan angin secara real time di sekitar lokasi kejadian. Sesuai dengan data arus dan angin serta jenis yang sedang kita cari yang sudah diinput ke aplikasi SARMAP (Search & Rescue Model and Response System), untuk memudahkan pencarian dan memudahkan informasi jika ada kapal kapal yang melintas alur tersebut untuk membantu memantau dan memberikan informasi ke BASARNAS

“Kami siap dalam kondisi apapun, kapanpun dan dimanapun dalam bidang jasa SAR, walaupun saat ini kami juga sedang merayakan Hari Raya Iedul Fitri 1443H sekalipun. Saya selalu menekankan ke anggota saya lakukan pekerjaanmu dengan sepenuh hati.” Tutur Al Amrad S.Sos (HMS/SAR-BJM)



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : banjarmasin
2 May 6:15 WIB