Signal Distress Pesawat Terpancar & Terdeteksi di Wilayah Kabupaten Tanah Laut


BANJARMASIN – Terkait di terima nya Berita SAR berupa Fax pada TW. 01.09  22.00 H yang di kirimkan oleh IDMCC (Indonesian Mission Control Center) Badan SAR Nasional di Jakarta ke Kantor SAR Banjarmasin perihal terdeteksinya pancaran signal distress pada Frequency 406.024 Mhz,HEX ID C34A4BDCAA90CD1, BEACON REG. 538/MARSHALL I, yang di terima dari satelit SARSAT 07 pada 09 Januari 2016 11.46 UTC pada koordinat 03.56.8 S – 114.45.3 E. Kantor SAR Banjarmasin segera menindak lanjuti berita SAR tersebut.

Cospas-Sarsat merupakan sistem search and Rescue (SAR) berbasis satelit internasional. Misi program Cospas-Sarsat adalah untuk memberikan bantuan pelaksanaan SAR dengan menyediakan distress alert dan data lokasi secara akurat, terukur serta dapat dipercaya kepada seluruh komunitas internasional. Tujuannya agar dikuranginya sebanyak mungkin keterlambatan dalam melokasi suatu distress alert sehingga operasi akan berdampak besar dalam peningkangkatan probabilitas keselamatan korban. Badan SAR Nasional sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementrian yang bertanggung jawab penuh dalam hal Search & Rescue telah terintegrasi dengan system tersebut, sehingga jika terjadi suatu kejadian yang bersifat emergency yang di pancarkan melalui signal distress yang berasal dari pesawat terbang atau kapal dapat segera terlacak dan diketahui. PD TW. TW. 01.09  22.00 H Kantor SAR Banjarmasin menerima Berita SAR tersebut dan segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait yang kebetulan berada di koordinat terdekat dengan lokasi dideteksinya pancarkan signal tersebut.

Seperti yang telah di sebutkan bahwa koordinat lokasi diatas berada di wilayah kerja Kantor SAR Banjarmasin yaitu di daerah Kab. Tanah Laut, Kajahar dan Petugas Komunikasi Kantor SAR Banjarmasin saat itu juga langsung melaporkan perihal signal distress tersebut kepada kepala kantor dan kasubsi operasi. Selanjutnya petugas komunikasi juga menghubungi Polsek Penyimpatan untuk berkoodinasi agar dapat segera mengambil tindakan pengecekan pada koordinat tersebut, Hal ini di lakukan karena Polsek tersebut posisi nya paling dekat dengan koordinat yang ada. Laporan yang diterima dari salah satu anggota Polsek Penyimpatan yang kebetulan turun langsung melakukan pengecekan melaporkan bahwa pada koordinat tersebut tidak terjadi insiden atau keadaan emergency apapun. Sejauh ini Kantor SAR Banjarmasin masih terus melakukan koordinasi dan pengiriman berita SAR baik dengan instansi terkait ataupun dengan IDMCC Badan SAR Nasional di Jakarta. (AZK/PUSDATIN-BJM)



Kategori Kecelakaan Penerbangan .
Pengunggah : author