PERAHU KLOTOK KECIL TERBALIK


KAB. KATINGAN - Minggu (09/09/2012) Pukul 17.15  WIB saat yang naas bagi Rohmiah (34) warga Desa Tumbangronen, Kec. Baunbango, Kab. Katingan. Beliau bersama 3 (tiga) orang lainnya pada saat itu sedang menggunakan perahu kelotok kecil dalam perjalanannya, informasi dari warga setempat bahwa dalam perjalanan, perahu kelotok kecil tersebut menerjang angin kencang dan ombak / gelombang cukup besar, sehingga perahu kelotok kecil tidak mampu menahannya dan terbalik. Senin (10/09/2012) 08.00 WIB informasi tersebut masuk ke Call Center Pos SAR Sampit yang berita tersebut di terima oleh petugas Jaga Komunikasi saat itu, seorang warga setempat atas nama Bpk. Joko menginformasikan bahwa telah terjadi musibah perahu kelotok terbalik di Desa Tumbangronen tepatnya di Sungai Menduwai, Kelotok tersebut di tumpangi 3 (tiga) orang, 2 orang selamat dan 1 orang masih hilang.{READMORE}Petugas Jaga Komunikasi segera menginformasikan berita tersebut kepada Kepala Jaga Harian (kajahar) saat itu, setelah di cek kebenaran berita tersebut dilaporkan kepada  Koordinator Pos SAR Sampit, dan tidak berselang lama beliau segera memerintahkan personilnya untuk bergerak menuju TKM pada koordinat 02.17.109 S - 113.26.689 E. Dengan melibatkan 2 armada darat dan laut yang di miliki, tim yang beranggota kan 18 (delapan belas) orang bergerak menuju TKM dengan segera. RB. 305 adalah kapal milik Badan SAR Nasional yang di tempatkan di wilayah Pos SAR Sampit yang ikut andil dalam menjalankan operasi SAR saat itu.

Setiba nya di TKM tim Rescue segera mendirikan Posko serta melakukan koordinasi dengan potensi SAR lainnya untuk menentukan Search Area. Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Pos SAR Sampit, LLASD Katingan dan masyarakat setempat berangkat menuju titik Search Area yang telah di tentukan. Hari ketiga pencarian tepatnya hari Rabu (12.09/2012) proses pencarian mengalami sedikit hambatan karena cuaca yang kurang bersahabat sehingga tim rescue memutuskan untuk menghentikan sementara proses pencarian, baru pukul 13.00 WIB tim rescue gabungan kembali melakukan pencarian hingga di hentikan nya kembali untuk sementara pada pada pukul 16.20 WIB karena cuaca kembali memburuk.

Kamis (13/09/2012) Tim SAR Gabungan kembali melakukan pencarian dengan memperluas area pencarian, sehingga pada pukul 15.35 WIB tim berhasil menemukan korban atas nama Rohmiah (34) warga Desa Tumbangronen, Kec. Baunbango, Kab. Katingan dalam keadaan meninggal dunia. Korban di evakuasi menggunakan Rubber Boat Basarnas menuju dermaga selanjutnya di bawa ke rumah duka. Saat itu juga Tim SAR Gabungan kembali kesatuannya masing-masing dan operasi dinyatakan di tutup. (azk/humas)

   



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author