MUSIBAH ORANG TENGGELAM DI SUNGAI KAHAYAN PALANGKARAYA


 SAMPIT – Kamis (29/11/12) Pukul 19.30 WIB Pos SAR Sampit mendapat laporan dari salah satu anggota Brigade Rescue Palangkaraya bahwa telah terjadi musibah orang tenggelam di Sungai Kahayan, Kec. Pahandut, Kota Palangkaraya. Berdasarkan informasi yang didapat dari anggota Brigade Rescue tsb, korban A.n. Tommy Saputra (18 th) tenggelam pada hari Kamis (29/11/12) Pukul 15.00 WIB di Sungai Kahayan. Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa nasib tragis yang dialami Tommy (siswa kelas 3 Madrasah Aliyah Annur) berawal saat guru silat Perguruan Tapak Suci yang juga anak pertama dari pasangan suami isteri (Pasutri) Ipda Muhammad Ishak dan Gusti Noorhamidah itu mengajak anak asuhnya rekreasi di dermaga kapal susuri sungai.{READMORE}

Tanpa diketahui persisnya, korban langsung menyeburkan diri ke sungai. Dia sempat muncul ke permukaan dan melambaikan tangan kemudian tenggelam.

            Jumat (30/11/12) Pukul 06.30 WIB Personil Pos SAR Sampit mempersiapkan peralatan dan langsung meluncur ke tempat kejadian musibah (TKM) dengan menempuh waktu sekitar 3 jam perjalanan. Personil Pos SAR Sampit bergerak menuju TKM dengan menggunakn sarana mobil Rescue D-Max. Setelah tiba di area TKM, personil Pos SAR Sampit kemudian berkoordinasi dengan warga setempat dan potensi yang ada di sana serta mendirikan posko di dekat TKM. Selesai shalat Jumat, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Personil Pos SAR Sampit, Dinas Perhubungan Palangkaraya, Brigade Rescue Kalteng, Tagana Palangkaraya dan warga setempat bergerak menuju TKM pada koordinat 02º12’ 353’’ S / 113º55’692’’ E menggunakan perahu karet Pos SAR Sampit dan perahu klotok masyarakat untuk melakukan penyisiran. Pada pukul 17.00 WIB penyisiran dihentikan sementara, Tim SAR Gabungan kembali ke Posko dengan hasil nihil dan operasi dilanjutkan keesokan harinya.

            Sabtu (01/12/12) Pukul 06.00 WIB Tim SAR Gabungan kembali melanjutkan operasi pencarian dengan area yang lebih luas, namun hasilnya juga masih nihil. Tim SAR Gabungan kemudian kembali melakukan penyisiran di sekitar TKM dan barulah pada pukul 14.30 WIB korban A.n. Tommy Saputra berhasil diketemukan dalam keadaan meninggal dunia mengapung di Sungai Kahayan sekitar 10 meter dari TKM. Tim SAR Gabungan langsung melakukan evakuasi terhadap korban. Korban langsung dievakuasi ke mobil ambulance dan dibawa ke RSUD Palangkaraya.

            Pukul 15.00 WIB Operasi SAR di Sungai Kahayan Kec. Pahundut Kota Palangkaraya dinyatakan selesai dan personil yang terlibat kembali ke kesatuannya masing-masing.{dedy_humas pos SAR Sampit}



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
6 December 9:45 WIB