MUSIBAH ORANG TENGGELAM DI SUNGAI CEMPAGA DESA PATAI


SAMPIT– Kamis (18/07/2013) Pukul 17.00 Wib Pos SAR Sampit mendapatkan informasi dari Bapak Rahman (ADPEL Kotim) bahwa telah terjadi musibah kelotok tertabrak tongkang di Sungai Cempaga Desa Patai Kec. Cempaga Kab. Kotawaringin Timur pada koordinat 02° 12' 51" S / 112° 57' 28" E. Berdasarkan informasi yang didapat korban  berjumlah 1 orang An. Santo (30 th / laki-laki). Berdasarkan sumber yang didapat, berawal ketika mereka meminta minyak pada tugboat milik PT Parenggean Makmur Sejahtera (PMS) yang sedang berlayar melewati Sungai Cempaga. Saat itu kondisi tongkang sedang jalan, dengan mengendarai kelotok kecil, ketiganya nekat mendekati tugboat yang ada di depan tongkang tersebut. Setelah mendapatkan minyak jenis solar itu, ketiga warga Patai ini berencana mau pulang dan menaiki kelotok kecil. Saat mereka hendak menghidupkan mesinnya, tiba-tiba mesin tersebut tidak mau hidup. Alhasil kelotok mereka pun masuk ke dalam tongkang itu. Kedua teman korban berhasil lolos melompat dari kelotok, sementara korban (Santo) berencana menyelamatkan kelotoknya malah masuk ke dalam tongkang dan langsung menghilang di dalam air.{READMORE}

Jum’at (19/07/2013) Pukul 06.00 Wib Personil Pos SAR Sampit dengan menggunakan mobil Rescue D-Max Box meluncur ke TKM (Tempat Kejadian Musibah) dengan menempuh waktu selama 1,5 jam perjalanan. Pukul 07.30 Wib Tim Rescue Pos SAR Sampit sampai ke TKM. Pada saat itu cuaca sedang diguyur hujan dan angin kencang. Unsur yang terlibat yaitu Tim Rescue Pos SAR Sampit, Pol Airud Kotim, Polsek Cempaga, Penyelam Traditional, dan masyarakat setempat. Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran di sekitar area TKM dengan menggunakan Speed Boat dan kelotok masyarakat setempat. Pukul 17.00 Wib pencarian dihentikan sementara dengan hasil nihil dan akan dilanjutkan besok pagi.

Sabtu (20/07/2013) Pukul 07.00 Wib Pencarian korban dilanjutkan kembali dengan melakukan penyisiran di sekitar area TKM dan teknik penyelaman tradisional. Pukul 17.00 Wib pencarian dihentikan sementara dengan hasil nihil dan akan dilanjutkan kembali besok pagi.

Minggu (21/07/2013) Pukul 07.00 Wib Pencarian korban dilanjutkan kembali dengan melakukan penyisiran dengan area yang lebih luas . Pukul 15.20 Wib korban musibah orang tenggelam (kelotok tertabrak tongkang) di Sungai Cempaga Desa Patai An. Santo (30 th) telah ditemukan oleh Tim SAR Gabungan sekitar 500 meter dari TKM dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 02° 12' 54" S / 112° 58' 31" E. Pukul 15.40 Wib Operasi pencarian korban musibah orang tenggelam (kelotok tertabrak tongkang)  dinyatakan selesai dan ditutup. Semua unsur yang terlibat kembali kekesatuannya masing-masing. (Pos SAR Sampit)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : author