KORBAN TERJATUH DAN TENGGELAM SAAT MEMBERI MAKAN SAPI DI KAPAL


KOTABARU - Sabtu (28/7/2012) Pukul 08.40 Wita, Bripka. Rifani, salah seorang anggota Satpolair Kotabaru memberikan informasi ke POS SAR Kotabaru bahwa telah terjadi musibah orang tenggelam pada Jum’at (27/7/2012) Pukul 04.30 Wita, korban bernama Giliang (36th) warga Desa Banraas Kec. Dungkek Kab. Sumeneb Madura, korban adalah salah satu Anak Buah Kapal (ABK) KM. Surya 2, bersama 5 ABK lainnya sedang berlayar dari Kab. Sumeneb Madura menuju Kotabaru. Sesaat setelah mendapat berita tersebut, petugas komunikasi Pos SAR Kotabaru kemudian mengecek kebenaran berita tersebut dengan mencari informasi kepada potensi-potensi yang berada di wilayah Kotabaru, dan di pastikan bahwa informasi tersebut dinyatakan positif terjadi.{READMORE}

Kapal KM. Surya 2  berangkat dari Sumeneb pada Rabu (25/7/2012). Hari Jum’at (27/2/2012)  tiba di perairan Kotabaru, kapal tersebut membawa 30 ekor sapi yang akan di kirim ke daerah Kotabaru dan sekitarnya. Kejadian musibah tersebut bermula pada hari Jum’at (27/7/2012) pukul 04.30 Wita saat Giliang salah satu ABK kapal sedang memberi makan sapi di kapal, tiba-tiba beliau terjatuh dan tenggelam ke laut.

 

Tim Recue POS SAR Kotabaru yang telah menerima dan mengecek kebenaran berita tersebut segera melakukan persiapan untuk menggelar operasi SAR. Tim berjumlah 12 orang rescuer, berangkat menuju lokasi musibah dengan sarana RIB Craft (Rigid Inflateable Boat) bersama petugas Polair Kotabaru dan kru ABK Kapal Surya 2. Tim tiba di lokasi pada koordinat 03?.27’.18” S - 116°.02.16” dan segera melakukan penyisiran. Hari pertama operasi SAR, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim SAR Pos SAR Kotabaru, PMI, dan Tim Polair Kotabaru belum berhasil menemukan korban. Selanjutnya pada hari Minggu (29/7/2012) Tim Rescue Pos SAR Kotabaru kembali melakukan penyisiran dengan melakukan floating terhadap area penyisiran yang baru, jangkauan di perluas dan di rapatkan, kali ini tim rescue berusaha se-efektif mungkin melakukan penyisiran secara bertahap, walupun dalam kondisi personel tim rescue yang kebanyakan sedang melakukan ibadah puasa Ramadhan, tetapi semangat dan komitmen rescuer dalam mengemban tugas abdi negara senantiasa di pertahankan. Sehingga pada pukul 09.10 Wita di koordinat 03?.28’.14: S -116?.02’28” E sekitar ±300 m dari tempat kejadian, korban atas nama Giliang umur 36 tahun berhasil di temukan dalam keadaan meninggal dunia. Korban segera di evakuasi menggunakan saran RIB ke dermaga dan selanjutnya di bawa ke RSUD. Kotabaru untuk melakukan proses identifikasi. Pada hari itu juga sekitar pukul 10.00 Wita Tim SAR Gabungan mengentikan operasi dan semua unsur-unsur yang terlibat kembali ke kesatuannya masing-masing dan operasi di nyatakan selesai. (amri)



Kategori General Berita .
Pengunggah : author
31 July 12:29 WIB