Kantor SAR Banjarmasin Menggelar Latihan SAR Daerah Tahun 2016

Sampit (21/04) – Berdasarkan SK Kepala Kantor SAR Banjarmasin Nomer SK/LAT.101/4/249/III/SARBJM-2016 tentang pelatihan potensi SAR Water Recue dan Medical First Responder (MFR) Dan salah satu tugas pokok BASARNAS tentang pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi Search And Recue Maka Kantor SAR Bajarmasin Mengadakan pelatihan Water Rescue Dan Medical First Responder pada tanggal 20 s/d 24 April 2016 untuk Potensi SAR baik sipil maupun militer. Pelatihan Ini Dalam rangka menyamakan pola pikir dan pola tindak penanganan musibah Operasi SAR,Pelatihan Potensi SAR daerah merupakan program latihan kantor SAR Banjarmasin tiap tahunnya. Pelatihan Potensi SAR ini di fokuskan di Kalimantan Tenggah.
Latihan SAR daerah ini di ikuti oleh 10 Kabupaten/Kota Sekalimantan Tenggah dan 41 orang peserta, baik itu berasal dari instansi pemerintah dan organisasi potensi SAR di wilayah Kalimantan Tenggah. Pembukan latihan  SAR daerah  secara resmi akan di Buka oleh Direktur Bina ketenagaan dan Permasyarakatan SAR  Badan SAR Nasional Bapak Agus Sukarno,S.H.,M.M. 
Kegiatan latihan SAR daerah meliputi pembekalan evakuasi korban (Water Rescue dan Medical First Responder), serta simulasi operasi SAR musibah kecelakaan di Air. yang dilaksanakan di PelabuhanSungai Mentaya Sampit Kegiatan latihan SAR daerah ini sangat penting, untuk meningkatkan kemampuan anggota SAR, khususnya dalam tugasnya melakukan penyelamatan dan pencarian korban, baik korban bencana maupun musibah lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang koordinasi yang baik dengan para potensi SAR sehingga mendapatkan pemikirin dan tindakan yang sama dalam penanganan musibah. Selain itu diharapkan masyarakat kab. Kotawaringin timur mengetahui keberadaan instansi Badan SAR Nasional di wilayah kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Pos SAR Sampit dan siap menginformasikan bila terjadi musibah baik itu pelayaran dan penerbangan. (Iman/Humas Kansar BJM)
Link Terkait
PEJABAT